Rapid Test Pegawai Dinas Koperasi UKM Salatiga

Jumat. 19 Juni 2020, dilaksanakan kembali rapid test bagi pegawai Pemkot Salatiga dan masyarakat yang bertempat di Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga. Rapid test yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Salatiga ini diikuti oleh lebih dari dua ratus orang, dengan peserta dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinkop dan UKM, Disdukcapil, dan DPMPTSP Kota Salatiga, serta kelompok masyarakat binaan OPD. Peserta yang mengikuti rapid test ini sebagian besar adalah pegawai Pemkot Salatiga yang dalam pekerjaannya sering melakukan kontak langsung dengan banyak orang, seperti halnya DLH mengirimkan petugas lapangan (kebersihan, persampahan, TPS, TPA, taman, PJU, dan pelayanan) untuk mengikutinya.

Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibody yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus, jadi  rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19. Tes ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus COVID-19 tidak semakin bertambah.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh gugus tugas penanganan COVID-19, suatu wilayah yang ingin memasuki tahap new normal harus melaporkan penurunan jumlah kasus positif dalam dua pekan terakhir sebanyak lebih dari 50 persen. Kemudian penambahan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) juga harus turun lebih dari 50 persen dalam periode yang sama, selain itu juga harus mencatat kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif secara berkesinambungan.

Sumber : DLH Kota Salatiga