PPKL Salatiga dampingi koperasi

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) kota Salatiga, ditengah pandempi covid – 19 terus melakukan pendampingan kepada koperasi – koperasi dampingan (18/06). Begitu adanya pembatasan pertemuan secara langsung, seluruh pendampingan dilakukan secara online melalui media whatsapp. Pendampingan dilakukan secara intens karena koperasi – koperasi tentu saja menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi covid – 19. PPKL kota Salatiga tidak membatasi pendampingan secara online saja, namun pertemuan secara langsung bisa dilakukan namun dengan menggunakan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

PPKL kota Salatiga mendampingi salah satu koperasi dampingan yang kesulitan dalam mengurus pendaftaran sertifikat Nomer Induk Koperasi (NIK). Pendampingan dan penyuluhan terus dilakukan karena masih banyak koperasi yang belum mempunyai sertifikat NIK, bahkan ada yang tidak sadar bahwa pentingnya memiliki sertifikat NIK. Acapkali koperasi berpikir bahwa hanya mempunyai sertifikat saja sudah cukup, tanpa perlu mempunyai sertifikatnya.

Padahal dengan memiliki sertifikat NIK koperasi menjadi salah satu sektor yang paling diuntungkan terutama dalam mengakses bantuan dana pinjaman dari Pusat dan Daerah yang menjadi syarat pemberian rekomendasi usulan program, sebagai syarat permohonan ijin usaha baru dan kredit Perbankan dan Lembaga non Bank, sebagai syarat keikutsertaan dalam pameran dan promosi perdagangan, dan sebagai bentuk kelegalan koperasi di mata hukum.

Pendataan ulang dengan menerbitkan sertifikat NIK kepada koperasi – koperasi dimaksudkan sebagai bentuk menertibkan kegiatan usaha koperasi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan pemangku kepentingan terhadap koperasi, memudahkan pelayanan kebutuhan informasi tentang kualitas dan kemampuan koperasi, mengindentifikasi kesehatan usaha dan kepatuhan koperasi dalam melaksanakan nilai dan prinsip koperasi, memudahkan monitoring, evaluasi dan pengembangan koperasi secara terarah dan tepat sasaran melalui program peningkatan daya saing maupun penguatan lembaga koperasi, dan mendorong terwujudnya kerja sama antar koperasi maupun dengna badan usaha lainnya.

Dinas Koperasi UKM Prov Jateng