“PADOS WARAS” UMKM Salatiga Bersama – sama Kuat Melawan Corona

Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian material dan telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Dalam rangka pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 di Kota Salatiga diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, focus, terpadu, dan sinergis antara Pemerintah Kota Salatiga beserta seluruh warga masyarakat. Percepatan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu (refocusing) dan/atau perubahan alokasi anggaran yang digunakan secara memadai sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas penanganan dampak ekonomi terutama menjaga agar dunia usaha daerah tetap hidup.

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi salah satu sektor perekonomian yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 di Kota Salatiga. Hasil pemetaan dampak Covid-19 bagi UMKM di Kota Salatiga menunjukkan bahwa dampak Covid-19 memukul pelaku UMKM dari tingkat sedang di mana terjadi penurunan kapasitas produksi sampai dengan penjualan, sampai dengan tingkat yang sangat parah di mana banyak sekali UMKM yang sampai berhenti total, tidak berproduksi dan tutup. Dari hasil pemetaan, diperoleh gambaran antara lain :

  • UMKM yang Tutup/Berhenti Usaha : ± 200 UMKM
  • UMKM yang Menurun Usaha : ± 124 UMKM
  • UMKM yang membutuhan Restrukturisasi Hutang : ± 33 UMKM
  • UMKM yang membutuhkan Subsidi/ Bantuan Modal : ± 210 UMKM
  • UMKM membutuhkan Pendampingan Pasar : ± 72 UMKM

Dalam rangka untuk mengurangi dampak resiko pandemi Covid-19 tersebut, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Salatiga, telah menempuh langkah responsif dan terobosan untuk mendukung beroperasionalnya kegiatan usaha bagi pelaku UMKM di Kota Salatiga dengan melaksanakan kegiatan Belanja Barang yang Akan Diserahkan Kepada Masyarakat, yang diberi nama PADOS WARAS.

PADOS WARAS dari segi penamaan diambil dari singkatan (akronim) PAket nasi Dos (nasi kotak) untuk WARga UMKM Kota Salatiga terdampak COVID-19. PADOS WARAS secara terminologi bahasa, diambil dari unsur kata dalam Bahasa Jawa, yaitu “PADOS (MENCARI)” dan “WARAS (SEHAT)”, yang secara filosofis dimaksudkan : “sebagai suatu upaya atau ikhtiar yang gigih, pantang menyerah, tidak mengenal menyerah, tidak mengenal takut, bahwa dalam situasi sesulit apapun seperti pandemi global ini, kesehatan adalah hal yang nomor satu yang harus kita prioritaskan, meliputi kesehatan jasmani dan rohani utamanya, kemudian juga kesehatan ekonomi dan kesehatan sosial, yang dilakukan secara terus menerus dan bersama-sama seluruh komponen masyarakat”.

Adapun kegiatan PADOS WARAS diwujudkan melalui Belanja Paket Bantuan Makanan Siap Konsumsi (nasi dos/nasi kotak) Sebagai Jaring Pengaman Sosial bagi Warga UMKM Terdampak Covid-19. Kegiatan ini berupa fasilitasi dan pemberdayaan beberapa komponen pelaku usaha UMKM meliputi :

  1. Fasilitasi pembiayaan UMKM Jenis Usaha Catering untuk menyediakan paket nasi dos/nasi kotak;
  2. Fasilitasi penyediaan Jasa Pengiriman Barang yang dilakukan oleh UMKM Jenis Usaha Jasa Ojeg Online;
  3. Sentuhan kepedulian sosial kepada para pelaku UMKM yang sangat terdampak Covid-19, meliputi jenis usaha olahan makanan kecil, PKL, menjahit, handycraft, dan lain-lain.

Kegiatan PADOS WARAS merupakan salah satu formulasi Anggaran Refocusing Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Salatiga yang dipandang bisa memadukan keterkaitan antar komponen pelaku yang terlibat, terutama para pelaku UMKM, dan mengaplikasikan satu rantai proses yang utuh, dimulai dari proses persiapan, pelaksanaan, distribusi dan pengawasan. Harapannya adalah agar di tengah-tengah situasi yang serba sulit di tengah Pandemi Covid-19, kita semua masih ada langkah-langkah yang bisa dilakukan dan itu memberikan dampak ekonomi dan sosial yang cukup signifikan.

Layanan Call Center Aduan
Hubungi :
Telp : (0298) 3419274
WA : 085 800 335 400
email : dinkopukm@salatiga.go.id