Koperasi Sukoharjo Kunjungi Salatiga

SALATIGA- kamis 15 Maret 2018 Rombongan Peserta Pelatihan akuntasi, pengurus, dan pengawas koperasi yang digelar Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Sukoharjo melakukan studi lapangan di kota Salatiga . Rombongan yang dipimpin Kabid Kelembagaan dan Organisasi Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sukoharjo diterima oleh Kasi Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Salatiga, Dian Khorina, SE, MM.

Pada Kunjungan tersebut, Peserta  mengunjungi Koperasi Wanita “Melati” diDukuh Cabean, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti dan Koperasi BKM Joko Tingkir, Kelurahan Tingkir Tengah Kecamatan Tingkir.

“Kami ingin belajar dan menimba ilmu serta pengalaman dari beberapa koperasi di Kota Salatiga, ” kata Herdis Kurnia. Herdis mengungkapkan saat ini pihaknya sedang gencar mengembangkan koperasi dengan mendaftarkan sejumlah koperasi agar berbadan hukum. Pada Tahun 2016 lalu, pihaknya telah membubarkan 375 koperasi dari 800-an koperasi yang ada. koperasi tersebut ditutup karena tidak jelas kantornya, tidak jelas pengurusnya, usaha tidak ada, RAT tidak ada, dan lainnya. saat ini ada 434 koperasi berbadan hukum yang tersebar di 12 kecamatan Kabupaten Sukoharjo.

Kasi kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM, Dian Khorina, SE, MM Mengungkapkan du koperasi menjadi tempat studi lapangan merupakan koperasi yang telah maju. Koperasi Wanita Melati yang dipimpin Ngatinah dan pengurus Siti Sulami, saat ini mampu berkembang baik, meliputi usaha simpan pinjam dan kegiatan pemberdayaan usaha kecil, seperti pembuatan makanan. selain itu Koperasi Wanita Melati juga menyalurkan  kredit usaha kepada berbagai jenis usaha kredit.

Sementara itu, Koperasi BKM Joko Tingkir saat ini sedang menyiapkan pembangunan Rest Area dan  pusat kegiatan koperasi di luar jalan tol. di rest area tersebut akan dibangun Outlet penjual produk koperasi, Wahana permainan, tempat ibadah, toilet umum dan wisata kuliner, Kunjungan diterima oleh  ketua Koperasi BKM Munasir,  Amin Nurbaedi, Edi siswanto, dan Daniel Elkana.